Disclaimer

Penafian yang benar harus ditentukan dalam rencana bisnis. Faktanya, itu adalah satu-satunya kewajiban hukum dari pemilik bisnis. Berikut adalah dasar-dasar penafian:

– Harus dinyatakan bahwa pengungkapan tidak melanggar hukum atau kebijakan apa pun. Tujuan utama dari ini adalah untuk menjelaskan kepada pembaca apa yang sebenarnya merupakan dokumen untuk penemuan dan apa itu dokumen pemasaran. Kalau tidak, itu bisa menyesatkan pembaca yang ingin membeli atau berinvestasi di perusahaan.

– Tidak boleh menyatakan apa pun yang akan bertentangan dengan dokumen lain, seperti jika tidak menyatakan bahwa pembuat penemuan terlibat langsung dalam pembuatan produk. Ini bisa ditafsirkan sedemikian rupa sehingga dianggap sebagai penipuan atau bahkan plagiarisme. Karena itu, wajib menyertakan penafian tentang penulis yang terlibat.

– Tidak boleh menggunakan jargon yang tidak dapat dimengerti oleh pembaca. Ini mungkin berarti tidak ada sajak atau alasan secara tertulis untuk pengungkapan. Alih-alih, akan lebih baik jika penafiannya ringkas sehingga mudah dipahami.

– Perlu dicatat bahwa tidak boleh mengulangi apa yang sudah dinyatakan dalam dokumen lain. Ini akan membuat dokumen terlihat seperti ditulis oleh orang lain. Sebaliknya, ia juga harus memiliki hal-hal lain untuk menunjukkan kredibilitasnya.

– Perlu dicatat bahwa tidak boleh menduplikasi atau menjiplak konten dokumen lain. Ini umumnya dikenal sebagai kelebihan dokumen dengan informasi yang tidak perlu. Jika penulis benar-benar serius dalam menciptakan suatu produk, ia tidak akan mau menyalin sesuatu yang mungkin ia butuhkan.

– Ini harus menyatakan tanggal pengungkapan dilakukan, serta materi yang dibuat. Penulis tidak boleh lupa untuk menyatakan ini. Kalau tidak, itu akan membuatnya tampak seperti palsu.

– Perlu juga dicatat bahwa seharusnya tidak membingungkan orang atau membuat mereka bingung tentang apa yang dikatakannya. Ini akan menjadi buruk di mata FTC (Komisi Perdagangan Federal). Dan itu juga akan berdampak buruk bagi pemegang saham.

– Perlu dicatat bahwa itu bukan milik badan hukum mana pun. Bahkan, jika itu hanya konsep dan bukan produk, itu bukan milik perusahaan mana pun. Kalau tidak, akan dibuat penipuan dan kemungkinan tuntutan hukum.

– Perlu juga dicatat bahwa itu tidak menduplikasi atau menjiplak pengungkapan lainnya. Itu bisa serupa tetapi harus sama sekali berbeda. Ini berarti yang lain tidak disalin.

– Perlu juga dicatat bahwa itu tidak menggunakan kata atau singkatan tertentu. Ini adalah metode umum kebingungan. Yang terbaik adalah ringkas, sederhana dan langsung.

– Terakhir, harus dicatat bahwa itu tidak mengganggu proses hukum. Jika ada persyaratan hukum, itu harus dinyatakan dalam pengungkapan. Kalau tidak, itu juga bisa menghambat proses.